Pages

Jumat, 14 Agustus 2015

Wisata Gunung Cikuray Garut

Jejeran Pegunungan Garut yang terkenal sebagai Tempat Wisata Alam yang sering dikunjungi para pendaki yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Begitupun Gunung Cikuray yang merupakan tujuan Wisata Alam Garut selain Wisata Gunung Guntur Garut, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Gunung Puntang. Di Gunung Cikuray ini terdapat 7 pos peristirahatan yang dilengkapi shelter untuk mendirikan tenda selama perjalanan menuju puncak. Pecinta alam yang tangguh, banyak ditemukan disini.







Pengenalan medan, perbekalan, peralatan yang lengkap dan persiapan yang matang adalah kewajiban setiap pendaki gunung. Membaca alam dengan cara mengenali pergerakan matahari, rasi bintang, kabut, letak sumber air, bahkan sifat satwa di sekitar harus dapat dikenali oleh para pecinta alam. Karena hal itulah yang menjadi dasar untuk bisa menaklukan alam yang kita kunjungi. Menaklukan disini bukan berarti mengalahkan alam, tetapi menaklukan diri sendiri agar dapat bertahan hidup saat berada di alam terbuka yang mungkin saja tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.

Membaca sifat binatang yang ada di sekitar salah satunya yaitu saat sekumpulan kupu – kupu yang hinggap atau beterbangan mengelilingi bunga serentak menjauh dan menghilang. Dapat dikatakan kejadian alam ini menandakan akan terjadi cuaca buruk. Dengan kata lain, keputusan para pendaki bergantung pada ciri alam tersebut.


Gunung Cikuray yang termasuk jajaran gunung tertinggi ke empat di Indonesia berada di ketinggian 2.818 meter diatas permukaan laut Gunung Gede Gunung Pangrango dan Gunung Ciremai. Selain para pendaki ditekankan harus menguasai pelajaran dasar, mereka harus berhati – hati dengan perkataan mereka agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Tak sedikit berita tentang hilangnya pendaki karena ketidakpahaman akan medan atau karena perilaku yang tidak baik dan merusak alam. Percaya atau tidak, Alam Gunung Cikuray masih terawat dan alami ini dihiasi dengan berbagai macam cerita Mistis seperti di pegunungan atau hutan belantara lainnya. Selain itu trek yang terjal dan curam Gunung Cikuray ini tidak bisa diremehkan, dibutuhkan kesiapan fisik dan mental agar pewisata alam bisa mencapai puncaknya. Perlu diingat pula untuk selalu ingat kepada Sang Pencipta dan selalu menjaga kelestarian alam. Disadari atau tidak, hal inilah yang akan menyelamatkan anda di perjalanan.

0 komentar:

Posting Komentar