Pages

Sabtu, 15 Agustus 2015

Wisata Gunung Papandayan Garut

Apa yang anda pikirkan tentang Gunung Papandayan? Selain Wisata Gunung Cikuray Garut dan Wisata Gunung Guntur Garut, tentunya Kawah Papandayan yang terhampar dengan kepulan asapnya yang berasal dari gas bumi, pemandangan yang indah, serta beberapa kawasan wisata yang bisa dikunjungi. Untuk lebih menarik para wisatawan khususnya yang menyukai perjalanan Naik Gunung, beberapa pembangunan fasilitas di tempat pariwisata Kawah Papandayan ini sekarang  sedang berjalan. Dalam rencananya di Kawasan Wisata Alam ini akan dibangun pemandian air panas seperti yang telah diadakan di tempat Wisata Garut sebelumnya seperti Cipanas dan Kawah Darajat. Tempat penginapan pun mulai dibangun, seperti di daerah Nangklak yang sudah berdiri beberapa bulan ke belakang. Di daerah ini dibangun Vila yang mempunyai dua kamar, minibar dan ruang tamu. Tempat penginapan yang mempunyai konsep alami yang didominasi dengan bahan kayu gelondongan ini dapat menampung sampai 30 orang dan banyak dikunjungi oleh para tamu wisata yang berdatangan. Sebagian besar pengguna vila ini berasal dari para mahasiswa, pemburu dan pengunjung lainnya yang sekedar ingin beristirahat.
 





Pengunjung Gunung Papandayan yang rata – rata terdiri dari komunitas backpacker, pencinta alam lokal, luar kota, bahkan tak jarang terlihat juga turis asing yang penasaran dengan terjalnya rute dan indahnya pemandangan Papandayan.

Berada di wilayah Kecamatan Cisurupan Garut, Kawasan Wisata alam ini dapat diakses dari pusat Kota Garut yang memakan waktu sekitar satu sampai dua jam. Jalan masuk yang terdapat di dekat Mesjid Agung Cisurupan ini berada di sebelah kanan dari jalur ke arah Cikajang. Terdapat terminal ojek dan beberapa mobil bak yang siap mengantarkan para pengunjung ke Tempat Wisata. Bagi yang membawa kendaraan pribadi supaya berhati – hati dalam menghadapi jalur menuju Papandayan yang lumayan cukup terjal, terkenal dengan tanjakan yang curam dan tikungan yang cukup berbahaya.






Tempat parkir yang luas cukup untuk menampung belasan bus, dikelilingi oleh warung penjual aksesoris dan berbagai macam makanan. Untuk mendirikan tenda, terdapat tempat yang dinamakan Camp David. Tidak jauh dari tempat perkemahan, ada juga tempat berendam yang masih alami komplit dengan air panasnya. Perjalanan menuju Kawah Papandayan yang penuh dengan bebatuan bisa dilalui dengan berjalan kaki. Hanya kendaraan khusus yang bisa melewati jalur ini, seperti Mobil-mobil Offroad atau motocross.

Dalam sehari pengunjung yang berdatangan ke tempat ini diperkirakan mencapai 3000 orang bahkan lebih pada hari libur dan weekend. Tempat lain yang bisa dikunjungi di Tempat Wisata Papandayan adalah Hutan Mati, Taman Edelweiss, Pondok Saladah dan Puncak Papandayan.

0 komentar:

Posting Komentar