Pages

Senin, 10 Agustus 2015

Wisata Lapang Golf Ngamplang

Bukan hanya legenda yang menghiasai berbagai Tempat Wisata di Garut seperti Legenda Situ Bagendit Garut atau Candi Cangkuang, tapi juga Sejarah. Sejarah yang kental sesuai dengan jaman keemasan Tempat Wisata tersebut.

Dapatkah anda menebak, apa Tempat Wisata di Garut yang terkenal sampai ke luar negeri di era tahun 1900? Tidak lain dan tidak bukan yaitu Golf Course Ngamplang, yang pada masa itu banyak wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri berkunjung ke Tempat Wisata ini. Salah satu Tempat Wisata yang menawarkan golf course ini banyak diminati pengunjung untuk bersantai ataupun berolah raga. Jaman dahulu, para pengunjung dengan tingkat sosial yang cukup tinggi tak jarang ditemui di lokasi wisata ini, dikarenakan memang pada saat itu olah raga golf memang hanya dapat terjangkau oleh kalangan tertentu, khusunya kalangan atas. Hal ini pun cukup menguntungkan bagi warga sekitar untuk meningkatkan taraf ekonomi, terlihat dari berbagai usaha yang dibuat oleh penduduk. Dari mulai berdagang sampai yang bekerja menjadi caddy. Pada tahun 1937 caddy – caddy yang berada di lapang golf 9 hole Ngamplang ini tidak harus berbadan seksi dan berparas cantik. Buktinya pada waktu itu banyak ditemukan caddy yang berkopiah, baik itu dewasa maupun anak – anak. 







Tempat wisata yang dibangun untuk tujuan refreshing dan berolah raga ini difasilitasi selain dengan lapang golfnya yang terkenal, ada juga kolam renang, lapangan tenis, lapang voli, tempat ibadah, ruang tunggu dan juga hotel. Sesuai dengan dominasi bangunan yang sarat akan fasilitas kebugaran ini pengunjung yang berkunjung ke Lapang Golf Ngamplang pun dapat dipastikan adalah penyuka olah raga. Khususnya pada hari minggu Lapang Golf Ngamplang ini dipadati oleh para pejogging. Sambil beristirahat, mereka dapat menikmati berbagai macam makanan seperti bubur kacang hijau dan jagung bakar.

Terletak di Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, Lapang Golf Ngamplang yang termasuk peninggalan kolonial Belanda ini dikelola oleh Korem 02 Tarumanegara, sedangkan kepemilikan tanah ada di tangan Oephankam. Mempunyai luas wilayah 27 hektar are, Lapang Golf Ngamplang dihiasi dengan berbagai tanaman dan pohon yang asri, menambah segarnya udara kota Garut yang sejuk.







Tidak menutup kemungkinan jika popularitas Lapang Golf Ngamplang yang mendunia pada jaman dahulu akan terulang kembali, karena beberapa perbaikan terus dilakukan pada saat ini. Perbaikan pun dilakukan dari mulai gerbang masuk, jalan menuju kawasan, bangunan dan alam sekitar kawasan Lapang Golf Ngamplang yang bertujuan untuk mempermudah akses, kenyamanan dan keamanan para pengunjung Tempat Wisata ini. Dengan jarak tempuh 15 menit dari pusat kota Garut, Lapang Golf Ngamplang dapat ditemukan di rute arah Tasikmalaya, bisa di akses dengan cara menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum Garut – Cilawu.

0 komentar:

Posting Komentar