Pages

Sabtu, 22 Agustus 2015

Wisata Pantai Karang Paranje Garut

Jika setiap pantai itu identik dengan pohon kelapa yang berbaris, lain dengan Pantai Karang Paranje Garut. Bagaimana tidak? di tempat ini hampir tidak ditemukan pohon kelapa. Jikapun ada, letaknya cukup jauh dari bibir pantai.

Artikel sebelumnya yang membahas barisan Wisata Pantai Garut meliputi Wisata Pantai Santolo Garut dan Wisata Pantai Gunung Geder Garut, tidak akan lengkap sebelum membahas Pantai Karang Paranje yang cukup unik.

Ombak yang cukup tinggi menandakan Pantai Garut ini berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Berjarak sekitar 105 kilometer dari pusat Kota Garut, tempat yang dikelilingi rimbun pepohonan yang membuat pantai ini sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Jalan raya menuju tempat ini cukup baik, selain menggunakan kendaraan pribadi, jalan menuju tempat wisata ini bisa dilewati dengan menggunakan bus, angkutan umum dan ojek. 




Selain Pantai Garut Santolo, pantai lainnya seperti Pantai Manalusu, Pantai Karang Papak, Pantai Cicalobak akan terlewati jika menggunakan jalur Pameungpeuk. Persawahan dan pesisir pantai pun akan mengiringi perjalanan kita.

Sebelum mencapai Pantai Karang Paranje yang termasuk Pantai Garut Selatan, kita akan melewati jembatan yang dikelilingi danau yang sudah biasa digunakan oleh penduduk sekitar untuk menangkap ikan.

Deburan ombak dan hijaunya padang rumput yang luas akan menyambut kedatangan para tamu, berbeda dengan pantai yang pada umumnya didominasi pasir atau pasir putih. Bahkan ada perbedaan mencolok dibanding pasir pantai lainnya, yaitu pasir yang terdapat di Pantai Karang Paranje ini terlihat kehitaman karena memang ternyata mengandung bijih besi. Keasrian tempat ini yang membuat udara pantai tidak terlalu panas. Susunan karang besar di tempat ini kokoh menantang ombak Pantai Laut Selatan. 

Yang lebih unik dari tempat ini yaitu kerajinan tangannya. Bagi para pengunjung yang ingin mendapatkan cinderamata atau sekedar untuk buah tangan, terdapat anyaman yang dibuat oleh penduduk sekitar yang terbuat dari daun pandan dan diberi nama pandan bidur.

Salah satu Pantai Garut Pameungpeuk yang belum banyak dikunjungi para wisatawan ini dapat digunakan sebagai sarana menyepi, karena memang pilihan pantai di sepanjang Garut Selatan ini teramat banyak. Pengunjung yang datang dan pergi pun biasanya menjadikan Pantai Karang Paranje ini sebagai tempat beristirahat untuk makan sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Info lebih lengkap tentang Pariwisata Garut bisa di cek www.hoteldigarut.net dan event organizer www.hdgteam.com

0 komentar:

Poskan Komentar