Pages

Rabu, 26 Agustus 2015

Wisata Pantai Rancabuaya Garut

Pantai Garut Selatan berikutnya yaitu Pantai Rancabuaya. Tempat ini bisa dikunjungi dengan menggunakan jalan utama yang mempunyai lebar sekitar enam meter. Sedangkan untuk menuju pantai, lebar jalan sekitar empat meter. Akses jalan yang cukup baik ini dikelola oleh Komunitas Penggerak Pariwisata (Kompepar).

Untuk kepemilikan tanah keseluruhan pantai ini didominai oleh warga. Kira - kira tujuh puluh persen area Pantai Rancabuaya adalah hak milik warga, dan sebagian kecilnya, yaitu sekitar tiga puluh persen tanah milik desa.

Untuk pengelolaan menjadi tempat pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan, tempat ini terlihat masih kurang. Promosi yang seharusnya dilakukan oleh Pemerintah setempat dirasa belum maksimal.

Terletak di Desa Purbayani Kecamatan Caringin, berbatasan dengan Desa Sinarjaya. Pantai Rancabuaya Garut Selatan ini tidak direkomendasikan untuk melakukan kegiatan berenang karena ombaknya yang cukup besar, hal ini dikarenakan Pantai Rancabuaya langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Apalagi dasar tepi pantai yang berstruktur batu karang, Pantai Wisata Garut Selatan ini baiknya digunakan untuk menangkap ikan yang tersapu ombak. Ikan yang terjebak di karang ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang menyukai kegiatan bakar ikan di tepi pantai.






 

Untuk yang menyukai Wisata Air khususnya Wisata Laut, Pantai Rancabuaya ini tempat yang nyaman dan aman untuk dikunjungi. Jarak yang lumayan jauh dari ibu kota Provinsi Jawa Barat yang berjarak 167 kilometer ini patut dikunjungi. Pantai yang indah nan alami ini bisa menjadi objek wisata yang menarik jika memang digunakan untuk refreshing dan menjauhi keramaian.

Bagi yang beristirahat sebelum menuju Tempat Wisata ini, terdapat beberapa Hotel di Garut yang terdapat di Pusat Kota Garut. Penginapan, Hotel, Resort bahkan Daftar Villa di Garut pun lengkap terdapat di Kota Garut ini.







Pengunjung yang berdatangan pun secara tidak langsung bisa menjadi ajang promosi, khususnya yang berasal dari daerah perkotaan. Mulai dari mulut ke mulut, hingga mungkin saja pada saatnya Pantai Rancabuaya ini bisa terkenal di seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara. Hal ini bisa saja menjadi peluang untuk menarik perhatian Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat atau bahkan para pengusaha untuk mengucurkan dana membangun Tempat Wisata ini.

0 komentar:

Posting Komentar