Pages

Jumat, 21 Agustus 2015

Wisata Pantai Santolo Garut

Berbeda dengan artikel Tempat Wisata di Garut sebelumnya, yang menyatakan bahwa pamor Wisata Pantai Gunung Geder Garut yang bisa dikatakan jauh tersaingi oleh Kampung Sampireun Garut. Tetapi, tidak dengan pantai yang satu ini, yaitu Pantai Santolo yang mempunyai keunikan tersendiri untuk menarik para wisatawan.






Pantai Garut Santolo salah satu Pantai Garut Selatan yang terkenal selain Pantai Cijayana Garut, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya Garut, Pantai Cicalobak Garut. Wisata Pantai Garut yang terkenal dengan susunan batu yang cukup menarik para pengunjung. Kesejukan udara di tempat ini membuat nyaman, padahal suhu pantai pada umumnya panas. Air yang jernih, ombak yang tidak terlalu tinggi menjadi sebuah pilihan pengunjung untuk berenang, juga menjadi salah satu Rumah Wisata bagi para penggemar snorkling.

Pantai Santolo terkenal dengan tempat penangkaran ikannya, karena Tempat Wisata ini juga sebagai pusat berkumpulnya para nelayan. Dari mulai perahu kecil sampai perahu pukat harimau berlabuh disini. Tak heran jika sering ditemukan hiruk pikuk pembeli yang memenuhi tempat ini, ikan yang dibeli pun tidak hanya untuk diperjualbelikan kembali tetapi juga mereka sengaja membeli ikan untuk diolah dan dimakan bersama keluarga di dekat Pantai Santolo atau bisa juga sebagai oleh – oleh untuk dibawa ke rumah. Pengolahanpun bermacam – macam, dari mulai dibakar, digoreng maupun ditumis.  







Sebagian pengunjung biasanya penasaran dengan membeli jenis ikan yang dinamakan “mata lembu”. Butuh keahlian khusus untuk memakan jenis makanan ini. Makanan yang banyak mengandung vitamin, tetapi harus berhati – hati bagi yang mempunyai penyakit kolesterol, karena dipercaya mata lembu ini terkenal akan kadar kolesterolnya yang tinggi.

Wisatawan mengenal tempat wisata ini sebagai Pantai Santolo, tetapi penduduk sekitar terkadang menyebutnya dengan Pantai Cikelet. Sebetulnya sama saja, jadi bagi pewisata air yang baru, perlu diingat pantai ini mempunyai dua nama. Jadi, tidak usah khawatir jika pada saat anda pergi ke Pantai Santolo, ternyata berada di Pantai Cikelet.

Jika memang warga setempat menyebut pantai ini adalah Pantai Cikelet. Bukannya tanpa alasan, tetapi dikarenakan Tempat Wisata di Garut nan indah ini berada di Kecamatan Cikelet. Berada di wilayah Kabupaten Garut, pantai ini cukup menjadi primadona bagi para pengunjung yang menuju tempat Wisata Garut Selatan. Berjarak kira – kira 90 kilometer dari pusat Kota Garut  dengan rute yang berkelak – kelok dan terdapat banyak tikungan tajam. Sedangkan estimasi waktu untuk menuju tempat ini dibutuhkan sekitar tiga jam perjalanan.

2 komentar: