Pages

Rabu, 12 Agustus 2015

Wisata Uap Kawah Kamojang

Dengan udara sejuk menuju dingin dan kabut yang menyelimuti Pegunungan Kamojang ditambah lagi kawah uap yang terdapat pada Tempat Wisata ini, maka makin kental juga suasana alami pegunungan yang ditawarkan Kawasan Wisata Kamojang. Untuk wisatawan yang ingin menginap, disediakan Kamojang Green Hotel & Resort yang berlokasi tidak jauh dari kawasan ini. Traveler dan adventurer yang menyukai hiking ataupun camping, akan betah untuk tinggal berlama - lama di tempat ini. Perjalanan yang curam dan terjal akan dilalui oleh para pengunjung.






Melelahkan memang, tetapi keindahan alam yang berada dikawasan ini cukup mengobati rasa lelah para wisatawan. Apalagi beberapa  kawah dan tempat menarik lainnya siap menyambut para pengunjung yang berdatangan, seperti: Kawah Beureum, Kawah Hujan, Kawah Kamojang Garut, Kawah Kereta, Kawah Manuk, Curug Madi, Danau Ciharus, Kolam Air Panas, Sasak Gombreng dan Situ Cibeureum.

Legenda di Tempat Wisata yang selalu melekat seperti yang sebelumnya pernah dibahas website Tempat Wisata di Garut yang berjudul Legenda Situ Bagendit Garut memang lumayan cukup menarik perhatian para penikmat tempat wisata.







Asal - usul Kawah Kamojang yang berasal dari asal kata "mojang" yang berarti gadis muda ini berawal dari cerita seorang gadis muda yang berparas cantik. Gadis ini selalu dikagumi oleh setiap pria yang pernah melihatnya. Hingga suatu saat ada seorang tuan tanah yang kaya raya beristri empat yang ingin meminang gadis itu. Hal ini disambut dengan tangan terbuka oleh orang tua gadis cantik itu. Tetapi tidak halnya akan gadis itu, yang merasa keberatan menikah dengan orang yang tidak ia cintai, berumur jauh lebih tua dan beristri empat. Karena tidak ingin menjadi istri kelima, mojang cantik ini melarikan diri dari rumah menuju ke hutan yang sekarang bernama Kamojang. Orang tua dan penduduk setempatpun bersama - sama mencari gadis yang berparas cantik tersebut, tetapi gadis itu tidak dapat ditemukan.

Taman Wisata Kamojang yang mempunyai luas keseluruhan 10 hektar ini dilengkapi oleh 23 kawah yang dua diantaranya mempunyai bentuk seperti danau dan mengeluarkan asap. Jangan aneh jika anda banyak menemukan pipa - pipa besar di Tempat Wisata yang juga digunakan sebagai pembangkit listrik ini. Bahkan Kawah Kamojang ini dikunjungi Presiden Indonesia Jokowi yang meresmikan power plant kelima yang dibangun oleh PT. Pertamina pada bulan Juni 2015 di Kawah Kamojang. Kawah Wisata yang berlokasi bersebelahan dengan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas) Kamojang yang dikelola oleh PT. Pertamina. 

Kawasan Wisata Sejuk ini terletak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Bandung. Walaupun jaraknya lebih dekat dengan pusat kota Garut, kawah ini memang berada di perbatasan Garut dan Bandung Selatan. Kawah Kamojang mempunyai energi panas yang melimpah, berada di Gunung Kamojang termasuk anak gunung dari Gunung Guntur yang berada di sebelah barat wilayah ini. Kawah - kawah kecil yang menyemburkan uap panas ini mengeluarkan suara yang berisik. 


0 komentar:

Posting Komentar