Pages

Jumat, 11 September 2015

Foto Kebakaran Gunung Papandayan Dari Jarak Dekat



Foto - foto yang diambil pada jarak yang cukup dekat ini diambil oleh fotografer yang sedang melakukan sesi foto prewedding. Fotografer yang lahir di Garut ini cukup terkejut pada saat sedang asyik mengambil foto prewedding bersama konsumennya, tiba - tiba melihat api yang mulai membesar. Dikabarkan ia adalah salah satu pengunjung yang pertama kali melihat kebakaran besar yang terjadi di Papandayan ini. Dengan segera ia pun memberi tahu kejadian ini kepada beberapa pengunjung yang berada di sekitar kawasan tegal alun.

Sejenak setelah keterkejutannya, ia pun ikut andil dalam memadamkan api yang mulai menyebar. Sebelum ikut dalam usaha pemadaman api, fotografer yang bernama Salahudin ini sempat mengabadikan beberapa foto di lokasi tempat terjadinya kebakaran. Beberapa pendaki pun terlihat berusaha memadamkan api yang telah membesar. Tetapi karena cuaca Gunung Papandayan yang pada saat itu memang dirasakan cukup panas ditambah angin yang kencang, kebakaran hebatpun tak dapat dihindari.





Api yang melalap tanaman dan tumbuhan kering khususnya edelweiss di kawasan Gunung Papandayan ini cukup sulit diatasi, karena memang api terlihat bergerak diatas. Selain itu minimnya peralatan yang dimiliki para pendaki pun menjadi faktor yang utama dalam usaha mereka pada saat memadamkan api.

Titik api yang diduga berasal dari blok tegal alun dan pondok saladah ini diperkirakan berasal dari api unggun pengunjung yang masih menyala. Kemungkinan besar mereka lupa mematikan api unggun tersebut, dan mungkin saja mereka tidak memastikan bahwa api unggun telah benar - benar padam pada saat ditinggalkan, Hal ini menyebabkan api merembet ke arah tanaman kering yang berada di kawasan Gunung Papandayan.  

Bencana kebakaran kawasan Wisata Gunung Papandayan yang terjadi pada hari minggu tanggal 6 September 2015 lalu ini telah menyebabkan kawasan wisata Gunung Papandayan Ditutup Untuk Sementara waktu. Kebakaran Gunung Papandayan disaksikan oleh banyak pengunjung, bahkan sebagian ikut serta dalam memadamkan api. Kebetulan pada saat itu tempat wisata Kawah Papandayan sedang dipadati oleh para wisatawan lokal dan luar kota. 






Padatnya pengunjung terlihat dari mobil dan motor terlihat memadati jalan utama menuju kawasan Gunung Papandayan, bahkan kedua jenis kendaraan ini berbaris hampir menutup jalan masuk menuju kawasan wisata Kawah Papandayan. Kendaraan yang memadati Tempat Wisata yang kurang teratur ini cukup menyulitkan para pengunjung yang akan meninggalkan area Gunung Papandayan. Pengelolaan tempat parkir yang kurang baik ini dapat membahayakan pengunjung pada saat bencana yang mungkin saja datang dengan tiba - tiba. 

Dengan pengelolaan Tempat Wisata Gunung Papandayan yang lebih baik lagi, diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung. Belajar dari kejadian ini, semoga menjadi perhatian pengelola dan pengurus Tempat Wisata Garut pada umumnya, agar lebih memperhatikan kenyamanan dan keamanan para wisatawan.

Sumber foto: Salahudin

0 komentar:

Posting Komentar