Pages

Selasa, 08 September 2015

Gunung Papandayan Terbakar dan Ditutup Untuk Sementara

Hanya selang satu hari dari terjadinya kebakaran di Gunung Papandayan, HDG team bersama para tamu berjumlah sekitar 40 orang telah menuruni Tempat Wisata Garut Kawah Gunung Papandayan. Kami bersama para tamu kunjungan tengah mengunjungi objek wisata berikutnya yang bernama tempat wisata Curug Orok.

Suhu udara di Tempat Wisata Gunung Papandayan Garut yang memang dirasa sangat terik ini memicu titik api untuk menuju puncak. Dikabarkan delapan orang pendaki di evakuasi dalam kejadian ini. Kedelapan pencinta alam ini sebelumnya tersesat karena kemungkinan terburu - buru mencari jalan untuk segera menuruni lokasi Gunung Papandayan yang terbakar.







Belum dapat dipastikan yang menjadi pemicu utama dalam kebakaran ini. Pemadaman yang hanya dapat dilakukan melalui udara, karena api yang cukup besar tidak memungkinkan untuk pemadaman api melalui jalur darat yang memang lokasi kebakaran tidak dapat dilalui oleh kendaraan ini. Walaupun begitu, bantuan dari para pengunjung yang berada tepat di lokasi Gunung Papandayan yang sedang terbakar ini dapat terlihat pada saat mereka berusaha memadamkan api sebisa mungkin.

Tak terbayang apa yang akan terjadi jika pada saat kebakaran berlangsung kami masih berada di lokasi kejadian, karena pada saat itu objek wisata Gunung Papandayan sedang dipadati oleh pengunjung. Terlihat dengan berjejernya mobil yang parkir berjarak sekitar 50 meter lebih. Kendaraan yang memadati bahu jalan di kanan kiri ini cukup dipertanyakan, karena lahan parkir yang cukup luas yang berdekatan dengan shelter Camp David ini tidak dibuka dan dibiarkan kosong. 

Padatnya jalan menuju daerah wisata ini bahkan sebagian memenuhi jalan utama, menyulitkan sebagian pengunjung yang datang mengunjungi Gunung Papandayan ini. Jalan yang tidak terlalu lebar ini dipenuhi mobil yang parkir di kanan, kiri bahkan ada yang berada di tengah jalan.






Karena padatnya kendaraan yang menjejali jalan menuju tempat kawasan inilah yang menyebabkan sulitnya para pengunjung yang ingin menuruni Gunung Papandayan yang sedang terbakar. Bencana kebakaran yang merembet dengan cepat, membuat pewisata yang memenuhi tempat ini berduyun - duyun untuk segera meninggalkan tempat Wisata Garut Kawah Papandayan ini.

Diharapkan pengelola daerah wisata ini untuk menjadikan ini sebagai pengalaman untuk ke depan dalam mengurus para wisatawan yang berdatangan. Pengelolaan yang baik akan menunjang kenyamanan dan keamanan para pengunjung yang menjadi modal utama dalam hal pariwisata.

0 komentar:

Posting Komentar