Pages

Rabu, 02 September 2015

Istilah Penting Pariwisata / Tempat Wisata Garut

Dalam perkembangannya, Dunia Pariwisata secara Internasional, nasional ataupun lokal, mempunyai istilah - istilah yang kadang terdengar asing di telinga. Saat kita berada di wilayah pertokoan dan disuruh menuju kasir, kita akan segera mencari tempat untuk melakukan kegiatan pembayaran. Karena memang kata "kasir" sudah tidak asing lagi.
Tetapi jika kita kebetulan berada di lokasi perhotelan, dan disuruh menunggu seseorang di FO, kadang kita Berpikir agak keras. Otak pun otomatis mulai membandingkan kata FO dengan istilah yang sama. Dan mungkin saja persamaan kata yang terpikir pertama kali adalah UFO. Lalu melihat sekeliling dan mulai mencari bentuk yang menyerupai piring terbang.
FO yang dimaksud disini adalah singkatan dari Front Office yang digunakan saat reservasi hotel. Check In dan Check out juga dilakukan disini. Bahkan informasi lengkap tentang hotel pun dapat mudah didapatkan disini.
Agar lebih mengenal daftar istilah dalam dunia pariwisata, kami menyiapkan beberapa istilah dalam dunia pariwisata, seperti istilah kata pariwisata yang sering digunakan dalam bidang pariwisata lokal, juga istilah pariwisata dalam bahasa inggris.  


inilah daftar penting istilah wisata dan perhotelan: 
Accessibility (Aksesibilitas ) adalah derajat kemudahan dicapai oleh orang terhadap suatu objek, pelayanan ataupun lingkungan. 

Agritourism adalah suatu kegiatan perjalanan / wisata yang dipadukan dengan aspek-aspek kegiatan pertanian. Pengertian ini mengacu pada unsur rekreatif yang memang sudah menjadi ciri kegiatan wisata, unsur pendidikan dalam kemasan paket wisatanya, serta unsur sosial ekonomi dalam pembangunan pertanian dan perdesaan.

Aisle Seat adalah kursi di sebelah lorong pesawat atau kereta api.

Akomodasi adalah tempat menginap orang yang sedang berwisata dalam perjalanan wisatanya.

Andong adalah sebuah alat transportasi desa yang sejak dulu merupakan budaya masyarakat jawa sampai saat ini, digunakan untuk transportasi melihatlihat sekitar dengan pelan saat berwisata, biasanya para turis asing.

Arrival adalah jadwal kedatangan.

Arunk (Arrival Unknown) adalah seseorang yang melakukan penerbangan terusan dari suatu kota ke kota berikutnya, tetapi jadwal kedatangannya sebelum penerbangan terusan ini tidak diketahui, contohnya, seseorang dari kota A akan melakukan penerbangan dari kota B ke kota C, tetapi jadwal kedatangannya dari kota A ke kota B tidak diketahui.

Atraksi Wisata adalah segala sesuatu yang menarik dan bernilai untuk dikunjungi dan dilihat.

Backpacker adalah seorang yang melakukan perjalanan / traveling yang membawa selalu membawa tas dipunggungnya

Bagasi adalah suatu tempat untuk meletakkan barang bawaan sebelum berwisata.

Bahari adalah perjalanan pariwisata yang berhubungan pada rekreasi atau melancong, yang objeknya adalah laut dan isinya (berselancar, menyelam, berperahu ).

Bandara adalah sebuah tempat untuk mendaratkan dan menerbangkan pesawat

BB (Bed and Breakfast) adalah hotel yang menyediakan kamar termasuk makan pagi.

Bell Boy adalah orang yang membantu di sebuah hotel dengan memberikan layanan seperti membawa bagasi tamu

Berkemah adalah salah satu jenis wisata yang identik dengan membangun tenda, yang lokasinya biasanya di alam liar ataupun lapangan.

Boutique Hotel adalah fungsi dan fasilitasnya tidak berbeda dengan hotel biasa, namun boutique hotel membuat ciri khas tersendiri supaya berbeda dari jaringan hotel terkenal. Ciri khas itu antara lain desain bangunan dan interior yang unik serta pelayanan yang lebih personal.

Budget Hotel adalah hotel yang menyediakan tempat menginap dengan fasilitas terbatas. Karena tarifnya lebih murah, ukuran kamarnya lebih kecil, desainnya lebih sederhana, serta tipe kamar tertentu tidak memiliki jendela. Beberapa budget hotel mengharuskan tamunya membayar ekstra untuk menikmati fasilitas tambahan. Contoh budget hotel misalnya jaringan Tune Hotel, Value Hotel, Formule1 dan Holiday Inn Express.

Bus Wisata adalah alat berkendara yang biasanya digunakan saat berwisata untuk sekedar melihat-lihat alam sekitar di satu tempat wisata, karena jika jalan kaki para wisatawan akan mudah lelah.

Business Hotel adalah lokasinya terletak di pusat kota dan lebih banyak digunakan pelaku bisnis. Karena harga tanah di pusat kota sangat mahal, bangunannya biasanya menjulang ke atas.

Caddy adalah tukang angkat-angkat atau pesuruh dalam permainan golf yang membawa tas golf berisikan beberapa stick golf.

Cagar Alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Camping adalah berkemah dengan membangun tenda, yang lokasinya biasanya di alam liar ataupun lapangan.

Cancel adalah pembatalan suatu produk yang telah di pesan oleh konsumen sebelumnya.

Cancellation Fee adalah biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya

Candi adalah suatu tempat objek wisata bagi turis.

Charm adalah suatu tampilan yang menarik dari tempat wisata.

Check In adalah melaporkan diri untuk pemakaian jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti pada hotel atau pada suatu penerbangan

Check Out adalah melaporkan diri atas telah berakhirnya pemakaian jasa atau produk wisata yang digunakan.

Cinderamata adalah sebuah jenis oleh-oleh yang khas dari suatu tempat wisata

Confidential Tariff adalah harga yang berlaku antara pihak-pihak tertentu sesuai dengan harga yang telah disepakati dalam perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

Conservation (Konservasi) adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Contract Rate adalah harga perjanjian antara dua penyedia jasa pelayanan pariwisata.

Conveyor Belt adalah ban berjalan di bandara tempat kita mengambil barang / bagasi yang ingin kita bawa saat berwisata.

Culinary adalah berbagai macam wisata makanan yang ada di suatu kota maupun Negara tertentu.

Cultural Tourism adalah wisata budaya

Daerah Tujuan Wisata adalah daerah yang memiliki objek wisata yang ditunjang oleh masyarakat dan prasarana pariwisata.

Darmawisata adalah perjalanan atau kunjungan singkat dengan tujuan bersenang-senang, perjalanan yg dilakukan untuk tujuan rekreasi sambil mengenal baik objek wisata dan lingkungannya

Delay adalah penundaan jadwal yang telah ditetapkan.

Departure adalah jadwal keberangkatan.

Destination adalah daerah yang menjadi tujuan dalam perjalanan wisata.

Direct Flight adalah penerbangan langsung tanpa transit.

Diving adalah kegiatan menyelam di dalam laut biasanya bertujuan untuk melihat dan menikmati keindaha bawah laut.

Dokar adalah sama halnya seperti andong, alat transportasi masyarakat jawa biasanya, dan merupakan sudah salah satu budaya sejak dulu.

Domestic adalah wisata dalam negeri.

Dormitory adalah tipe kamar yang ada dan disediakan di hotel. Biasanya penghuni dormitory diisi beberapa orang yang belum kenal. Dormitory diisi 4 sampai 10 orang dalam ruangan yang sama. Dormitory harus menaati peraturan yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau membuat kegaduhan. Dormitory sangat diminati juga populer dikalangan backpacker karena harganya yang lebih murah.

Double Bed adalah satu buah tempat tidur buat dua orang.

Due Date adalah tanggal jatuh tempo suatu pembayaran atau bisa juga digunakan sebagai tanggal jatuh tempo atas reservasi atau pemesanan.

Education Tourism adalah wisata pendidikan.

Eduwisata adalah salah satu metode perjalanan wisata dengan tujuan belajar.

Ekowisata adalah metode perjalanan wisata dengan dasar tourism responsibility dimana baik pengunjung maupun pengelola bertanggung jawab terhadap tempat wisata tersebut.

Entertain adalah menjamu dimana maksudnya menjamu partner kerja untuk mempererat hubungan kerja.

ETA (Estimate Time Arrival) adalah perkiraan waktu kedatangan suatu penerbangan.

ETD (Estimate Time Departure) adalah perkiraan waktu keberangkatan suatu penerbangan.

Extra Bed adalah tempat tidur tambahan yang digunakan jika masih ada beberapa yang kekurangan pada fasilitas untuk istirahat.

Fam Trip (Familliarisation Trip) adalah suatu perjalanan untuk lebih mengenal produk-produk wisata atau destinasi wisata

Fasilitas adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi untuk wisatawan.

Festival adalah harian atau pecan gembira dalam rangka peristiwa penting dan bersejarah. Misalnya pesta rakyat.

Free Flow adalah secara harfiah diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti mengalir secara bebas, maksudnya adalah semacam tawaran dari perusahaan jasa untuk memberikan pelayanan secara gratis kepada konsumen. Misal pada suatu hotel yang mengadakan suatu acara memberikan free flow soft drink yang berarti konsumen bisa menikmati soft drink sepuas-puasnya dalam acara tersebut.
Front Office (FO) tempat reservasi hotel

Full Board adalah suatu hotel yang menyediakan penginapan termasuk di dalamnya memberi konsumsi (Makan Pagi, Siang dan Makan Malam) kepada tamunya selama menginap di hotel tersebut.

Full Day Tour adalah suatu tour yang berlangsung dalam satu hari penuh.

Full Service Airlines adalah layanan yang disediakan lebih lengkap dan harga tiket yang tercantum sudah termasuk makanan, bagasi, asuransi dan lain-lain. Terbang dengan full service airlines dianggap lebih nyaman, namun harga tiketnya lebih mahal. Beberapa maskapai full service airlines antara lain Garuda Indonesia, Thai Airways dan Qatar Airways.

Go Show adalah istilah ini lebih sering di artikan sebagai seseorang yang datang langsung ke bandara untuk mendapatkan tiket penerbangan tanpa pemesanan sebelumnya.

Gondola adalah sebuah wahana bermain saat berwisata, atau dengan kata lain kereta gantung, yang saat diatas kita bisa melihat segalanya dari atas.

Grebeg Gunungan adalah daya tarik wisata yang kuat. Grebeg Gunungan boleh dibilang semacam ritual dalam pola interaksi antar Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat dengan masyarakat atau warganya. Biasanya dilaksanakan ketika perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Group Rates adalah harga kamar suatu hotel yang diperuntukkan bagi suatu rombongan yang datang secara bersama-sama dalam suatu kelompok.

Guest House adalah sebuah rumah / penginapan yang khusus diakomodasikan untuk tamu 

Guide adalah orang yang secara profesional mengetahui cara membawa wisatawan sekaligus menerangkan dan menjelaskan sebuah tempat wisata.
Gunung adalah sebuah objek wisata yang banyak diminati seperti pecinta alam, karena keindahan atasnya dan serunya medan yang harus dilalui untuk sampai puncaknya.

Half Day Tour adalah suatu paket tour yang maksudnya suatu tour hanya berlangsung setengah hari.

High Season adalah destinasi wisata / hotel mencapai puncak padat pengunjung

Hitchhiking adalah istilah yang sering disebut thumbing, tramping, hitching, thumbing up a ride, atau autostop. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Nebeng. Orang yang akan bepergian menuju ke tujuan yang sama atau paling tidak melalui jalur ke tempat tujuan menghentikan kendaraan yang lewat dengan mengacungkan jempol sebagai isyarat. Orang yang member tumpangan biasanya tidak memungut bayaran. Karena bisa menghemat biaya transportasi, cara ini sering digunakan backpacker. Hitchhiking sangat lazim di Amerika Utara dan Eropa, dan akhir-akhir ini mulai populer di Asia dan negara-negara berkembang.

Homestay adalah rumah biasa yang sebagian kamarnya disewakan kepada tamu.

Hospitaliti adalah hubungan antara tamu dan tuan rumah, atau tindakan atau praktek yang ramah. Secara khusus, ini termasuk penerimaan dan hiburan para tamu, pengunjung, atau orang asing, resort, klub keanggotaan, konvensi, atraksi, acara khusus, dan layanan lainnya untuk wisatawan dan turis.

Host adalah Tuan Rumah.

Hostel adalah sejenis tempat menginap akan tetapi perbedaannya adalah fasilitas didalamnya digunakan secara bersama-sama oleh penggunanya, seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Kelebihannya diantaranya adalah penghuni hostel punya kesempatan untuk lebih bersosialisasi dengan tamu lain. Bukan hanya dormitory saja yang menyediakan kamar privat layaknya hotel.

Hotel adalah bangunan yang didirikan secara komersil, berguna sebagai tempat menginap, makan dan menikmati hiburan. Hotel berbintang tergantung dari fasilitas yang mereka berikan untuk memuaskan para pengunjung.

In House Guest adalah tamu / wisatawan yang sedang tinggal / menginap di suatu hotel.

Industri Pariwisata adalah kumpulan dari macam-macam perusahaan yang menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa (goods and service) yang dibutuhkan para wisatawan pada khususnya dan traveler pada umumnya.

Infant (INF) adalah berarti bayi yang di dalam penerbangan biasanya di pendekkan menjadi INF yakni bayi masih berusia di bawah 24 bulan.

Itinerary adalah jadwal perjalanan secara detail termasuk jadwal kedatangan dan keberangkatan seorang wisatawan.

Jet Lag adalah suatu perasaan yang sangat lelah sewaktu melakukan penerbangan yang sangat lama.

Juggling adalah keterampilan melibatkan benda bergerak untuk hiburan dan olahraga.

Kacamata adalah sebuah alat untuk melindungi mata dari sninar cahaya matahari.para wisatawan sering menggunakan benda ini agar mata bisa terlindung dari cahaya matahari langsung.

Kamera adalah suatu alat untuk memotret gambar yang biasanya tujuannya untuk kenang-kenangan saat berwisata di salah satu tempat.

Karnaval adalah pawai dalam rangka pesta perayaan (biasanya mengetengahkan bermacam corak dari hal-hal menarik dari yang dirayakan itu).

Kawah adalah bagian puncak gunung berapi yg dilewati bahan letusan berbentuk lekukan besar. Kawah adalah objek wisata yang banyak juga terdapat di Indonesia, banyak digunakan sebagai tujuan wisata karena keindahannya.

Kawasan Pariwisata adalah kawasan dengan luas tertentu yang dibangun atau disediakan untuk memenuhi kebutuhan pariwisata.

Kekeran adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat suatu objek atau benda yang jaraknya agak jauh agar terlihat lebih dekat.

Kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan pengusaha.

Kolam Renang adalah sebuah objek wisata yang didalamnya terdapat berbagai wahana air, tempat ini sering menjadi tempat tujuan wisata karena tempatnya yang mengasyikan untuk berwisata.

Konservasi Lingkungan adalah perlindungan lilngkungan hidup agar terhindar dari kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kemampuan lingkungan itu sendiri.

Koper adalah salah satu alat untuk berwisata yang digunakan untuk meletakkan barang bawaan saat berwisata.

Kuliner adalah berbagai macam wisata makanan yang ada di suatu kota maupun Negara tertentu.

Landing adalah posisi pesawat udara menuju tempat pendaratannya hingga sampai berhenti mendarat di Bandara yang ditujunya.

Length of Stay adalah jangka waktu berapa lama wisatawan tinggal di suatu hotel.

LO (Liaison Officer) adalah petugas penghubung / perantara yang membantu pengunjung atau tamu untuk mengantar ketempat-tempat tujuannya.

Local adalah para wisatawan yang berasal dari dalam wilayah itu sendiri.

Lost and Found (LF) adalah tempat melaporkan diri jika barang / bagasi tertinggal selama penerbangan.

Low Cost Carrier adalah maskapai penerbangan yang menyediakan layanan dengan fasilitas terbatas. Harga tiket yang tercantum hanya untuk terbang saja. Penumpang harus membayar ekstra untuk fasilitas tambahan, seperti makanan dan biaya bagasi. Contoh maskapai low cost carrier antara lain Air Asia, JetStar dan Tiger Airways.

Low Season adalah destinasi wisata / hotel sepi akan pengunjung wisata

Mancanegara adalah turis yang melancong ke suatu Negara.

Mancing adalah kegiatan menangkap ikan seperti memancing dilaut . biasanya para lelaki yang banyak menyukai wisata air seperti ini.

Marine Tour adalah kegiatan kunjungan wisata untuk menikmati keindahan laut baik pantai, terumbu karang, pulau dan lainnya.

Marine Tourism adalah wisata bahari

Maskapai adalah perseroan dagang; perusahaan, pelayaran, penerbangan

Meeting adalah rapat atau pertemuan.

Melancong adalah suatu perjalanan wisata yang biasanya menelusuri daerah yang agak jauh dan bisa sampai berminggu minggu dalam berwisatanya.

Merchandise adalah oleh-oleh atau cinderamata

MICE adalah Meeting, Intensive, Convention and Exhibition. Disebut juga pariwisata MICE yang berkembang akhir-akhir ini. MICE dapat digolongkan sama dengan Event Organizer, akan tetapi MICE jauh lebih luas.

Motel adalah hotel yang di desain yang lokasinya biasanya ada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat parkir luas untuk tamunya. Motel biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sebelum penghuni melanjutkan kembali perjalanannya.

Museum adalah tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang biasanya sering dikunjungi oleh para wisatawan.

No Show adalah seseorang yang telah memesan suatu produk tapi tidak datang pada tanggal pemesanannya tersebut.

Objek Wisata adalah sebuah tempat rekreasi atau tempat berwisata

Occupancy adalah tingkat hunian kamar suatu hotel

Origin adalah daerah asal wisatawan.

Over Flow Rates adalah harga kamar yang sifatnya khusus terutama pada tamu yang dikirim oleh hotel lain, karena hotel yang bersangkutan sedang penuh.

Pakansi adalah sejenis liburan akhir pekan yang digunakan untuk menghabiskan waktu seperti liburan.

Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasikan dengan masyarakat luas atau wisatawan.

Panorama adalah pemandangan alam yang luas dan bebas.

Pantai adalah sebuah objek wisata yang berada di sekitar laut.

Passport (Paspor) adalah alat yang biasanya digunakan oleh seseorang yang hendak pergi ke suatu negara dengan tujuan berwisata atau hal lain sebagai tanda pengenal.

Pastries adalah item makanan yang terdiri dari kue manis dengan krim, selai, atau buah yang mengisinya

Pengeras Suara ( Toa ) adalah alat pengeras suara yang digunakan untuk mengumpulkan orang yang berwisata dalam konteks luas, jika ada pemberitahuan atau info.

Pension adalah istilah lain untuk guesthouse. Kata “pension” sering digunakan di Turki atau negara-negara di sekitar laut Mediterania. Pemilik pension biasanya juga tinggal di bangunan yang sama.

Pesawat adalah sebuah alat transportasi udara yang biasanya digunakan untuk berwisata dari satu daerah ke daerah lain yang sangat jauh tempatnya.

Pesona adalah suatu tampilan yang menarik dari tempat wisata.

Peta adalah gambar atau lukisan di kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, representasi melalui gambar dr suatu daerah yg menyatakan sifat, spt batas daerah, sifat permukaan; denah

Pick Up Time adalah waktu penjemputan wisatawan.

Porter adalah petugas resmi di bandara / pelabuhan yang menawarkan jasa untuk mengangkat barang / bagasi.

Porter Fee adalah uang / biaya untuk jasa porter.

Pramuwisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.

Published Rate adalah harga kamar suatu hotel yang dijual sesuai dengan yang dipublikasikan kepada masyarakat umum.

Refund adalah pengembalian atas pembayaran konsumen yang telah membayar suatu produk seperti, paket tour, tiket pesawat, akomodasi dll, karena suatu hal konsumen tersebut membatalkan rencana perjalanannya.

Rekreasi adalah suatu keinginan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang biasanya bertujuan untuk menenangkan diri ataupun sekedar bersenang-senang ( refreshing ).

Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.

Reserved adalah produk ataupun jasa yang telah dipesan sebelumnya dan juga telah disetujui.

Resort adalah suatu perubahan tempat tinggal untuk sementara bagi seseorang di luar tempat tinggal  dengan tujuan lain untuk berpariwisata.

Resort Hotel adalah hotel yang digunakan untuk liburan, lokasinya berada di pantai, pegunungan atau berdekatan dengan obyek wisata. Bentuk bangunannya biasanya landed house.

Restaurant adalah bangunan / ruangan yang menyediakan makanan dan minuman kepada pengunjung.

Room Rate adalah harga kamar hotel

Rooming List adalah daftar jumlah kamar yang akan digunakan oleh suatu grup yang akan menginap di suatu hotel.

Runway adalah landasan pacu pesawat

Sightseeing adalah perjalanan wisata singkat untuk melihat-lihat sekitarnya

Single Bed adalah tempat tidur buat satu orang

Snorkeling adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Souvenir adalah adalah barang-barang kerajinan tangan (dalam bahasa inggris disebut handy crafts), yang merupakan hasil kreativitas para pengrajin yang mampu merubah benda-benda yang terbuang dan tidak berharga menjadi produk-produk yang menarik dan diminati banyak orang, terutama para wisatawan.
Menurut kamus The Collins Cobuild Dictionary (2009), kata souvenir dapat diartikan:
”Souvenir is usually small and relatively inexpensive article given, kept or purchased as a reminder of a place visited, an occasion, etc.” (Souvenir adalah benda yang ukurannya relatif kecil dan harganya tidak mahal; untuk dihadiahkan, disimpan atau dibeli sebagai kenang-kenangan kepada suatu tempat yang dikunjungi, suatu kejadian tertentu, dan sebagainya.

Sunrise adalah matahari terbit

Sunset adalah matahari terbenam

Surfing adalah selancar / olahraga menaiki ombak dengan papan seluncur.

Take Off adalah posisi pesawat udara ketika mulai terbang ke angkasa hingga sudah tidak menyentuh daratan lagi.

Tari adalah salah satu seni wisata yang menunjukkan jenis tari-tarian masing-masing daerah yang sedang dikunjungi para wisatawan, untuk lebih mengenal akan sebuah budaya.

Teater adalah sebuah seni pariwisata yang tujuannya menunjukkan tontonan yang menarik untuk orang-orang yang sedang berwisata.

Tee adalah tempat permulaan atau awal dalam permainan golf.

Tee Off adalah istilah untuk mulai memukul bola dalam permainan golf

Tiket adalah suatu tanda untuk masuk ke lokasi wisata.

Tour adalah sebuah perjalanan yang bertujuan untuk berwisata.

Tourism Industry adalah industri pariwisata

Tourist Attractions adalah segala sesuatu yang menarik dan bernilai untuk dikunjungi dan dilihat.

Tradisi adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama.

Transfer In adalah penjemputan wisatawan yang baru datang untuk berwisata dari pelabuhan kapal atau dari bandar udara untuk diantar ke tempat penginapannya.

Transfer Out adalah pengantaran tamu dari tempat penginapannya ke pelabuhan kapal atau ke bandar udara karena tamu tersebut sudah mau pulang ke negara kediamannya.

Transit adalah berhenti sebentar di suatu kota untuk pindah ke penerbangan lain.

Travel adalah penyedia jasa pelayanan perjalanan dan tiket.

Travel Agent (Biro Perjalanan) adalah tempat yang menyediakan jasa layanan wisata.

Travel Agent Rates adalah harga kamar berdasarkan perjanjian antara pihak Travel Agent (Biro Perjalanan) dengan pihak hotel.

Traveling adalah perjalanan sekelompok atau seorang wisatawan.

Turis adalah orang yang berkunjung atau berwisata ke suatu tempat.

Twin Bed adalah dua buah tempat tidur terpisah yang masing-masing diperuntukkan buat satu orang.

Upgrade adalah meningkatkan / menaikkan, misal ketika menginap di standard room di upgrade ke superior room.

VIP (Very Important Person) adalah orang penting yang ikut dalam suatu paket wisata seperti seorang komisaris perusahaan atau seorang pejabat pemerintahan dan lain-lain.

Voucher adalah tanda bukti yang digunakan oleh konsumen untuk mengklaim jasa yang telah dipesannya atau didapatnya kepada perusahaan yang menyediakan jasa sesuai yang tertera di dalam voucher tersebut, dan perusahaan yang bersangkutan akan menagih pembayaran kepada pihak yang menerbitkan / issued voucher.

Walk In Guest adalah tamu yang datang sendiri ke hotel tanpa melalui penyedia jasa seperti Travel Agent ataupun melalui jasa seseorang.

Wayangan adalah pertunjukan kesenian wayang yang biasanya ditonton oleh para wisatawan.

Weekend Rates adalah harga kamar yang berlaku untuk akhir pekan seperti pada hari sabtu dan hari minggu.

Window Seat adalah tempat duduk yang letaknya tepat dekat jendela

Window Shopping  adalah pergi ke pusat-pusat perbelanjaan hanya sekedar melihat-lihat

Wisata Alam adalah perwujudan ciptaan manusia, tata hidup seni-budaya serta sejarah bangsa dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi

Wisata Kuliner adalah kegiatan kunjungan wisata dengan maksud menikmati makanan dan minuman di suatu daerah.

Wisata Pendidikan adalah suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan di dalamnya.
Setelah anda mengenal beberapa istilah dalam pariwisata, kini anda tidak akan aneh saat mendengar kata FO. Atau pada saat anda mengunjungi kota Garut dan menginap di Kampung Sampireun Hotel & Resort, anda tidak akan bertanya - tanya lagi tentang istilah Resort.
Istilah dalam pariwisata dan artinya ini semoga bisa berguna untuk digunakan di kemudian hari. Mungkin saja anda kebetulan mendapat pekerjaan di bidang pariwisata atau perhotelan, bisa juga sekedar mengantar teman atau tamu dari luar daerah yang ingin menginap di hotel. Bahkan, istilah dalam industri pariwisata ini bisa juga berguna pada saat anda mengunjungi Tempat Wisata.

0 komentar:

Posting Komentar