Pages

Sabtu, 10 Oktober 2015

Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati Gunung Papandayan Garut dengan panorama pohon - pohon kering menghitam dengan tanah putih yang sarat kandungan belerang yang asal awalnya berlangsung lantaran erupsi gunung Papandayan pada th. 2002 silam. Matahari yang megintip dari balik Gunung Cikuray Garut,  Jawa Barat makin meninggi. Hangat sinarnya kami rasakan dari tenda kami di Pondok Saladah, Gunung Papandanyan. Hawa dingin disebabkan hujan yang mengguyur semalaman, masih tetap tersisa. Jadi kami tidak menyia-nyiakan 'kemewahan' ini.



Bergegas kami menyambangi salah satu tempat favorite di Gunung Papandayan yang ada di ketinggian 2. 665 mtr. diatas permukaan laut itu.

Hutan Mati atau Dead Forest merupakan lokasi luar biasa di Gunung Papandayan Garut, beberapa orang menyampaikan, tidak komplit terasa mendaki Gunung Papandayan bila belum menyempatkan ke Hutan Mati. Sayangnya, air hujan bikin sebagian jalan jadi berlumpur. Karenanya, kami membutuhkan cukup usaha untuk melewatinya.

Sekurang-kurangnya, supaya tak terpeleset atau jatuh terduduk lantaran sepatu kami mengendap lumpur yang cukup dalam.

Sesudah lakukan perjalanan lebih kurang sepanjang 1/2 jam, kami juga mulai lihat apa yang dimaksud dengan Hutan Mati atau Dead Forest. Batang-batang pohon menghitam berbaris memadati ruang sisa aliran lahar yang dimuntahkan Gunung Papandayan pada th. 2002.

Peristiwa alam ini rupanya mengakibatkan lokasi ini hangus terbakar. Tersisa ranting-ranting yang mencuat selama batang yang gundul tanpa ada daun itu, yang berdiri diatas hamparan tanah berkerikil berwarna putih keperakan ditimpa cahaya matahari dengan latar hijau perbukitan. emandangam ini bikin saya merinding. Dalam sunyi, saya terbenam dalam perasaan 'misterius' yang mendadak menyelusup. Panorama disini sangatlah unik, terasa seperti tengah ada di film fiksi. Tidak menyesal terasa, berjuang melalui medan berlumpur. Sepanjang sebagian menit saya tidak jemu menggumuli panorama ini.

Pemandangan eksotis yang mengagumkan ini lalu tidak dilewatkan oleh tiap-tiap pendaki untuk mengabadikannya. Sebagian asik mengabadikan panorama yang tersaji di depannya. Adapula yang bergaya memakai latar belakang Hutan Mati Gunung Papandayan yang indah ini. Satu lagi maksud wisata yang menarik untuk dikunjungi serta dijelajahi, namanya yaitu Hutan Mati yang disebut salah satu wisata di Jawa Barat, tepatnya di Garut. Hutan yang satu ini jauh dari kesan menakutkan seperti namanya. Hutan yang satu ini malah sangatlah indah serta cantik dilihat.

Hutan mati ada di lokasi Gunung Papandayan di Garut. Salah satu tempat wisata di Jawa Barat ini berlangsung lantaran ada erupsi letusan Gunung Papandayan di th. 2002 waktu lalu sehinggan jadikan hutan mati ini menghadirkan situasi yg tidak umum.

Bila mau meraih tempat itu, beberapa traveler mesti menaiki atau trekking ke Gunung Papandayan dengan jalur yang terjal serta cukup susah. Jadi, anda mesti menyiapkan semua kepentingan serta melindungi kesehatan saat sebelum lakukan perjalanan. Tetapi, disepanjang perjalanan menuju hutan ini ada panorama yang sangatlah menakjubkan dengan hawa yang beri kesegaran.

Waktu anda mendaki gunung ini, anda bakal selekasnya melihat panorama tidak umum berbentuk sederetan pohon kering lantaran terserang erupsi di hutan mati. Panorama yang sangatlah unik, sesaat jadikan beberapa pengunjung terasanya ada diluar negeri atau film fiksi.

Keindahan yang unik dari obyek wisata ini bukan sekedar popular di kelompok wisatawan yang cuma mau mendaki serta nikmati pesona alam, tetapi di sana anda bisa berfoto dengan rekan-rekan atau bisa jadi tempat yang cocok untuk photo preweding dengan pasangan anda. Disana, anda bisa mengawali penjelajahan serta lihat keindahan yang terpancar dari himpunan pohon kering di hutan itu. Walaupun tak seperti hutan yang umumnya menghidangkan pesona alam serta tumbuh-tumbuhan hijau nana fresh, malah dengan memiliki bentuk yang unik jadikan panorama alam di hutan ini tidak pernah hilang. Panorama merasa komplit ditambah gabungan warna tanah yang putih, terlebih bila turun kabut, pesona wisata di Jawa Barat ini sangatlah luar umum.

3 komentar:

  1. Gunung papandayan pas untuk menghilangkan kejenuhan,oh iya admin ada info Penginepan ga di sekitarnya.By admin Wisata Pantai Selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika berencana untuk menginap, terdapat beberapa rumah warga untuk disewakan. Dan baru - baru ini terdapat villa nangklak yang berjarak 3 kilometer dari papandayan.

      Hapus
  2. Pengen kapan-kapan bisa naik gunung. Belum pernah sama sekali sih. Mungkin sekalian kali ya kalau wisata air mancur baru yang di purwakarta. Baru baca di sini: http://redaksiindonesia.com/read/air-mancur-terbesar-di-asia-tenggara-daya-tarik-wisata-purwakarta.html

    BalasHapus