Pages

Minggu, 18 Oktober 2015

Gereja di Kota Garut Kristen Katholik dan Protestan



Para wisatawan non muslim khususnya penganut agama kristen yang kebetulan berkunjung ke Tempat Wisata di Garut dan Sekitarnya kini bisa mengunjungi beberapa Gereja yang terdapat di Kota Garut. Informasi tentang Gereja kristen katholik maupun Gereja kristen protestan. Jumlah Gereja di Garut terdapat sekitar sembilan gereja.

Salah satu Gereja yang terdapat di Kota Intan ini yaitu bernama Gereja Kristen Indonesia atau disingkat dengan GKI yaitu grup gereja Kristen Protestan yang berdiri di Indonesia dengan kantor pusat berkedudukan di Jakarta. Menurut informasi yang terdapat di Wikipedia Indonesia, GKI adalah salah satu gereja dengan Teologi Ekumenikal dengan denominasi Calvinis. Gereja ini dapat adalah anggota dari Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Dewan Gereja-gereja Asia (CCA), Persekutuan Gereja-gereja Reformasi Se-dunia/World Communion of Reformed Churches (WCRC) serta Dewan Gereja-gereja se-Dunia/World Communion of Churches (WCC).

Pada awalnya, Gereja Kristen Indonesia terbagi dalam tiga gereja yang terpisah, yakni GKI Jawa Timur yang didirikan pada tanggal 22 Februari 1934, GKI Jawa Barat yang didirikan tanggal 24 Maret 1940, serta GKI Jawa Tengah yang didirikan tanggal 8 Agustus 1945. Baru pada tanggal 27 Maret 1962, ketiga gereja itu berupaya meleburkan dianya jadi satu wadah Sinode Am GKI. Usaha itu terwujud dengan ditandai oleh pengikraran satu GKI pada 26 Agustus 1988.

Tempat beribadat umat kristiani di Garut tidak hanya Gereja Kristen Indonesia, tetapi terdapat beberapa beberapa gereja yang tersebar di Kota Garut. Berikut nama, alamat dan nomor kontak Gereja yang berada di wilayah Kota Garut:





Gereja Kristen Indonesia  
Alamat : Jl. Bratayudha No. 24 Garut Telp.(0262)233907

Gereja Pantekosta  
Alamat : Jl. Cimanuk 308 Garut Telp.(0262)231109

Gereja Roma Katholik  
Alamat : Jl. Bank 46 Garut Telp.(0262)233139

GKPB Cahaya Keagungan  
Alamat : Jl. Siliwangi 18 Garut Telp.(0262)232679

Gereja Bethel Injil Sepenuh  
Jl Cimanuk 186/385 GARUT 44151 0262-239634

Gereja Injil Indonesia  
Jl Bratayudha 16 GARUT 44115 0262-237225

Gereja Kristen Pasundan  
Jl Bratayudha 46 GARUT 44114 0262-233535

Gereja Kristus Perjanjian Baru Cahaya Keagungan  
Jl Siliwangi 18 GARUT 44114

Gereja Masehi Advent  
Jl Pramuka 4 GARUT 44117 0262-231531


Untuk lebih jelasnya arti dan fungsi gereja adalah sebagai berikut:
Gereja yang berarti sebuah perkumpulan atau lembaga umat kristiani, dalam Bahasa Yunani : εκκλησία (ekklêsia) yang bermakna di panggil keluar (ek= keluar ; klesia dari kata kaleo= memanggil) ; jadi ekklêsia bermakna himpunan orang yang di panggil ke luar dari dunia mempunyai sebagian makna : 'umat' atau lebih pas persekutuan orang Kristen. Makna ini di terima juga sebagai makna pertama untuk orang Kristen. Jadi, gereja pertama-tama bukan sebuah gedung akan tetapi suatu perhimpunan atau pertemuan beribadah umat Kristen. Dapat bertempat dirumah tempat tinggal, lapangan, ruang di hotel, ataupun tempat rekreasi. mazhab (aliran) atau denominasi dalam agama Kristen. Gereja Katolik, Gereja Protestan, dan lain-lain. 

Gereja menurut negara 
http :// id. wikipedia. org/wiki/Kristen_menurut_negara http://www.wisatadigarut.com/2015/10/gereja-khatolik-protestan-di-garut.html

Gereja yaitu mitra paling baik pemerintah dalam bangun mental orang-orang agar bisa membuat pola tingkah laku sesuai sama profil satu bangsa, seperti Indonesia yang menjaga budaya timur. Gereja dan beragam rumah beribadah umat beragama yang ada di Indonesia mempunyai peran utama serta sama dalam membina orang-orang. 

Saat ini beberapa hal yang butuh dibenahi dengan cara berbarengan dalam bangun bangsa kita serta selalu banyak belajar mengerti dinamika serta pergantian yang berjalan dcalam lingkungan orang-orang. pergantian dinamika saat ini orang-orang telah diterangi dengan beragam Pengetahuan Pengetahuan serta Teknologi.

Sekalipun kita sudah diterangi oleh dinamika pengembangan jadi sewaktu seperti inilah kita butuh mawas diri, karena ada beberapa orang terperosok dalam beragam masalah hidup baik dengan cara pribadi ataupun dengan cara grup yang bisa meresahkan kehidupan serta ketentraman orang banyak. Instansi gereja saat ini bahkan juga telah mempunyai klinik serta sekolah sendiri juga sebagai bentuk rasa keperdulian dengan lingkungan. Gereja juga bergerak dalam penyantunan biaya pendidikan sekolah anak kurang mampu. 

Informasi yang terdapat di website Tempat Wisata di Garut ini memang berawal dari permintaan para pengunjung dan wisatawan non muslim yang berkunjung ke Kota Garut dan memerlukan informasi alamat juga nomor kontak beberapa Gereja yang terdapat di Kota Wisata Garut ini. Semoga bermanfaat, salam!

0 komentar:

Posting Komentar