Pages

Kamis, 15 September 2016

Karacak Valley Destinasi Wisata Baru di Garut

Cikaracak ninggang batu, 

laun - laun jadi valley...

Peribahasa sunda diatas langsung terlintas pada saat mendengar tempat wisata di Garut "Karacak Valley". Nama valley ini diambil karena kontur alamnya yang berbentuk lembah - lembah. Tempat unik ini mengusung nama valley bertujuan agar bisa lebih dikenal tidak saja oleh pengunjung lokal tetapi juga wisatawan yang berasal dari mancanegara. Karacak Valley secara administratif berada di wilayah Kota Garut, Kelurahan Sukanegla Kampung Pakuwon.

Para pengunjung Karacak Valley biasanya mempunyai tujuan untuk menuju Curug Karacak yang akan melewati beberapa taman yang dapat ditemukan di perjalanan menuju curug. Disini terdapat pula kegiatan khusus water rafting yang diadakan pada hari sabtu dan minggu.

 



Perjalanan yang cukup melelahkan bagi tim kami, khususnya saya yang terbiasa duduk di depan monitor (aduh!), bukan saja karena perjalanan dari garut kota menuju tempat wisata ini cukup terjal dan berkelok yang memakan waktu sekitar 20 menit agar sampai di tempat tujuan. Bahkan setelah sampai di lokasi wisata, kamipun berjalan menuju Curug Karacak dengan waktu jarak tempuh kurang lebih 30 menit, itupun setelah beberapa kali istirahat dikarenakan kaki dan nafas yang kurang kondusif.

Tetapi bagi penyuka petualangan, wisata daerah, kesenian, kuliner, dan sekaligus ingin dimanjakan dengan keaslian alam pegunungan, tempat ini mungkin cocok sekali untuk anda. Karena tidak disangka Karacak Valley mempunyai beberapa keunggulan yang diolah oleh warga sekitar, antara lain: camping ground, taman bunga, rafting, makanan tradisional, air terjun, pentas tradisional dan beberapa keunggulan wisata lainnya.



Bahkan untuk Pentas Budaya Lokal, pengunjung bisa meminta pengelola untuk mengadakannya lebih awal, asalkan diberitahukan jauh - jauh hari agar persiapan acara bisa lebih maksimal. Acara satu bulan sekali yang biasanya dilangsungkan pada akhir bulan ini fleksibel tergantung dari permintaan pengunjung.

Camping Ground yang selain disediakan umum, adapun family camping ground yang dikhususkan untuk kemping bersama keluarga, adalagi bagi para pecinta alam yang suka dengan tantangan yaitu extreme adventure yang mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan membutuhkan keberanian juga ketahanan tubuh diatas rata - rata.

Biaya masuk yang tergolong cukup murah dan terjangkau yaitu cukup dengan Rp.15.000,-. Dan bagi yang ingin bermalam, cukup merogoh kocek sekitar 15 ribu rupiah, untuk malam berikutnya (dua hari) satu malamnya ditarif 10.000 rupiah saja. Adalagi tarif spesial untuk para pelajar, yaitu untuk para siswa SMA atau Mahasiswa Rp.10.000,-. SMP dan SD Rp.5.000,- sampai Rp.3.500,-.
Perjalanan menuju Puncak Karacak membutuhkan waktu 2-3 jam, ini biasanya waktu normal yang biasa ditempuh oleh penduduk sekitar, sedangkan untuk para pendaki pemula akan membutuhkan waktu yang lebih lama (kira - kira 4 jam). Puncak Karacak dibagi dua dengan nama Karacak Satu dan Karacak Dua.





Bagi pengunjung yang ingin menginap tanpa persiapan terlebih dahulu, tenda dapat disediakan oleh panitia. Ada yang bisa memuat sekitar 4 sampai 6 orang dengan biaya Rp. 50.000, untuk tenda kapasitas 8 orang 90 ribu rupiah, tenda untuk 10 orang seharga 120 ribu rupiah, dan terakhir tenda pleton dengan harga 150 ribu rupiah.

Ada lagi! Jika anda tidak mau repot - repot membawa alat masak, anda bisa memesan kepada manajemen untuk dibuatkan nasi liwet, timbel, ubi bakar, jagung dan makanan tradisional lainnya. Yang lebih menarik lagi, pesanan bisa didapat dengan harga 10 - 20 ribu rupiah per porsi. Patut diingat, pesanan dikhususkan menu khas sunda. Hal ini bertujuan untuk merawat keaslian dan memajukan keunggulan wisata daerah tatar sunda.




Manajemen yang cukup baik terlihat pada saat pelatihan warga oleh pihak manajemen, dimana membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa mengelola tempat wisata ini, jadi walaupun anda termasuk warga sekitar Karacak, anda tetap akan digembleng agar lebih berpotensi sebagai salah satu pengelola tempat wisata ini. 

Sebagai penutup, di bawah ini adalah beberapa catatan kecil yang saya buat, sebagai alasan kenapa anda harus mengunjungi tempat wisata yang bernama Karacak Valley:

  • Untuk menjaga keasrian tempat wisata ini, di Karacak Valley tidak ditemukan banyak sampah yang berserakan, ini artinya tempat wisata ini benar - benar dikelola dengan baik. Bahkan pihak manajemen menerapkan peraturan ketat menyangkut masalah sampah ini.
  • Grup seni calung yang berada disini memenangkan beberapa lomba, yaitu tingkat kabupaten yang berhasil meraih peringkat 2 dan juga menduduki juara 3 di tingkat propinsi.
  • Beberapa rencana untuk pembangunan di masa mendatang yaitu home stay, rumah pohon, flying fox.
  • Membutuhkan tempat untuk berfoto atau prewedding yang murah meriah? biayanya dimulai dari harga Rp.50.000,- (gak nyampe ratusan ribu atau jutaan)
  • Moment tahun baru akan disebar undangan untuk berbagai komunitas dan terbuka untuk umum, menarik bukan? :D


Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Kang Yusuf Muchlis saparakanca atas waktunya, semoga tetap semangat untuk merawat dan memajukan tempat wisata di Garut!




Karacak Valley selengkapnya: www.wisatadigarut.com

0 komentar:

Posting Komentar