Pages

Selasa, 16 Mei 2017

Pesona Gunung Papandayan Garut

Garut adalah salah satu kota dengan destinasi Favorit yang ada di Jawa Barat. Banyak tempat wisata di Garut yang memiliki pesona untuk menjaring wisatawan supaya datang ke kota ini. Diantara objek wisata di Garut yang memiliki pesona yang luar biasa salah satunya adalah Gunung Papandayan.


Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Garut 

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung berapi di Garut Jawa Barat dengan pemandangan yang sangat eksotik. Setiap wisatawan yang pertama datang kesini akan terkagum ketika melihat beckground di sekitarnya. Banyak spot yang menarik untuk setiap orang berfoto selpie disana, itulah mengapa sebabnya objek wisata ini banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai kota. Tak jarang pula wisatawan asing yang datang kesini karena pesonanya yang luar biasa.


Sayangnya ketika objek wisata ini sedang populer - populernya di kalangan wisatawan, terganggu oleh bergantinya pihak pengelola dari tempat wisata ini. Tiket masuknya yang dianggap terlalu mahal bahkan ada yang menyebutkan sangat mahal, membuat tempat wisata ini menjadi kurang dilirik wisatawan dan tidak lagi menjadi destinasi yang populer di Garut.

Namun harus Anda semua tahu bahwa sekarang ini pihak dari pengelola Gunung Papandayan yaitu PT. Ail sedang kembali mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut dan membuat objek wisata ini kembali populer di mata wisatawan. Salah satu solusinya yang sedang disosialisasikan adalah menurunnya harga tiket masuk ke objek wisata ini. Bahkan salah satu informasi yang saya dapat adalah ketika Anda membawa rombongan wisatawan sebanyak sepuluh orang maka tiket masuknya gratis 1 orang.

Daya Tarik Wisata


Pesona Garut Gunung Papandayan ini terjadi karena beberapa spot wisata berikut ini

Kawah Gunung Papandayan


Papandayan termasuk salah satu gunung api yang aktif dengan kawah - kawah identik berpindah - pindah secara acak. Walaupun aktif, pengunjung dapat melihat kawah - kawah tersebut secara dekat.

Bumi Perkemahan


Merupakan Area untuk berkemah dengan latar belakang papandayan dan terdapat sungai kecil dengan air yang bersih. Berlokasi dibelakang kantor informasi, buper cocok bagi petualang yang membawa anggota keluarga karena sangat mudah di capai

Ghober Hoet


Terletak setelah pintu Lawang Angin, Ghober Hoet merupakan area terbuka dengan pemandangan ke area kawah, kota Garut dan Gunung cikuray, Selain itu Ghober Hoet adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) dengan hanya membuka pintu tenda Anda.


Pondok Saladah


Jika wisatawan ingin bermalam di Gunung Papandayan, maka area pondok saladah adalah tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. Dengan area yang luas dan berlokasi dekat dengan kebun Edelweiss serta tidak jauh dari hutan mati, Anda & sahabat ataupun rombongan dapat berpetualang sambil bermalam dengan menikmati alam. Juga terdapat sumber air yang dapat digunakan untuk tambahan bekal.

Hutan Mati


Hutan Mati Gunung Papandayan terkenal karena keindahan pemandangannya, yaitu berdirinya pohon - pohon kayu yang mati terbakar akibat letusan Gunung Papandayan tahun 2002.

Flora & Fauna


Jenis flora di dalam kawasan Gunung Papandayan diantaranya Pohon suagi (Vaccinium Valium), Edelweiss (Anaphalis Javanica), Puspa (Schima Walichii) Saninten (Castanea Argentea), Jamuju (Podocarpus Imbricatus), dan lain sebagainya. Sedangkan potensi fauna kawasan diantaranya, Babi Hutan, trenggiling, Lutung, dan beberapa jenis burung diantaranya Elang Jawa, Kutilang, dan lain sebagainya.


Sunrise


Pemandangan matahari terbit di Papandayan sangat indah. Lokasi untuk menikmatinya dapat ditemukan di Tebing Sunrise, Hutan Mati atau Tebing Camping Ground Ghober Hoet.

Wisata Air


Ada danau yang berlokasi di dekat kawah. Dalam perjalananmenuju danau tersebut ada beberapa aliran sungai yang menarik wisatawan untuk dilihat. Di bawah hutan mati terdapat pula air terjun bertingkata dengan kolam yang berair jernih yang menarik untuk dikunjungi.

Aktivitas Wisata


Banyak aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan di Gunung Papandayan ini, diantaranya :
  •     Eksplor Kawah
  •     Tracking & Berpetualang
  •     Fotografi
  •     Berkemah
  •     Sepeda Gunung
  •     Piknik


Fasilitas


Fasilitas yang ada di objek wisata gunung papandayan ini diantaranya :
  •     Gerbang Utama
  •     Tugu Selamat Datang
  •     Shelter
  •     Saung Bambu
  •     Toilet
  •     Mesjid & K. Informasi
  •     Security 24 Jam
  •     Menara Pandang
  •     Kolam Rendam Air Panas (In Progres)


Tiket Masuk Gunung Papandayan

Weekdays

Pengunjung Nusantara : 20.000
Kendaraan Roda 2  : 12.000
Kendaraan Roda 4 : 25.000
Kendaraan Roda 6 : 110.000
Sepeda : 7.000
Rombongan Pelajar : 18.000

Pengunjung Nusantara : 200.000
Kendaraan Roda 2 : 12.000
Kendaraan Roda 4 : 25.000
Kendaraan Roda 6 : 110.000
Sepeda : 7.000
Rombongan Pelajar : 200.000

Weekend

Pengunjung Nusantara : 30.000
Kendaraan Roda 2  : 17.000
Kendaraan Roda 4 : 35.000
Kendaraan Roda 6 : 150.000
Sepeda : 10.000
Rombongan Pelajar : 20.000

Pengunjung Nusantara : 300.000
Kendaraan Roda 2 : 17.000
Kendaraan Roda 4 : 35.000
Kendaraan Roda 6 : 150.000
Sepeda : 10.000
Rombongan Pelajar : 300.000

Biaya Lain - Lain

Camping : 35.000
Camping R. Pelajar : 23.000
Camping Mancanegara : 105.00
Shooting Individu / Company : 8.00.000
Shooting Komersil : 2.000.000 / hari
Foto Prewedding : 500.000
Umbul - Umbul (Per Tiang) : 30.000
Jasa Stand : (max 4x4 Meter) : 500.000

Jalan & Jalur


Ada beraneka ragam jalur yang menarik. Di sekitar kawah, kita seperti berada di planet mars dengan hamparan pasir dan bebatuan. Kemudian dalam perjalanan menuju kawasan perkemahan Ghober Hoet dan Pondok saladah, kita kembali ke planet bumi dengan tanah dan pepohonan cantigi yang rindang dan asri. Lalu sekitar hutan mati , Kombinasi jalur pasir dengan pepohonan kering sangatlah unik.

Itulah mengapa objek wisata di Garut yang terkenal mahal namun banyak sekali wisatawan yang berkunjung. Pesona Alam Garut dan tempat wisatanyalah yang membuat hal tersebut terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar