Pages

Senin, 05 Maret 2018

Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Wisata Alam Cikole Lembang adalah kawasan wisata yang cukup dikenal oleh wisatawan. Kawasan wisata ini selalu menjadi tempat tujuan wisatawan untuk berlibur. Oleh karena itu kawasan wisata di cikole ini terus berinovasi untuk menciptakan wisata lainya untuk terus menjaring wisatawannya. Setelah ada wisata Grafika Cikole dan juga Orchid Forest kini ada juga Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16. "

Sekilas Tentang Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16 

Hutan Pinus PAL 16

Nama Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16 diambil dari kawasan wisatanya yang ditumbuhi banyak hutan pinus. Sedangkan nama PAL 16 sendiri sampai saat ini saya belum tahu dari mana asalnya. Tempat wisata ini tadinya bukan merupakan kawasan wisata akan tetapi masih termasuk kawasan perhutani. Namun pada tahun 2016 tempat ini diresmikan sebagai tempat wisata untuk umum karena beberapa sebab berikut ini :
  1. Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16 selalu menjadi tempat beristirahat dari para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata di lembang seperti : Air Panas Ciater, Gunung Tangkuban Perahu dan lain sebagainya. 
  2. Hutan Pinus ini terletak di lokasi yang strategis yaitu berada di jalur yang menghubungkan Kabupaten Subang dan kota Bandung. Sehingga banyak wisatawan yang melewati tempat wisata ini.
  3. Hutan Pinus Cikole memiliki pesona alam yang indah jadi sayang kalau hanya dibiarkan saja. Tempat ini dapat menjadi spot foto selfie yang cocok untuk menemukan foto yang eksotis.
  4. Banyak wisatawan yang dengan sengaja liburan kesini pada saat tempat ini belum diresmikan sebagai empat wisata. 
  5. Cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga sambil botram di hutan pinus.
Mungkin karena sebab dan alasan diatas, hutan pinus ini sekarang diresmikan sebagai objek wisata. Memang benar objek wisata ini memiliki kawasan wisata indah dan cocok bagi mereka yang ingin berkumpul dan bercengkaram bersama keluarga. Tempat wisata ini juga harganya terjangkau untuk semua kalangan dan Anda pun bisa bermain dengan puas disini tanpa banyak uang yang keluar.


Wisata Hutan Pinus Cikole PAL 16 

Wisata Hutan Pinus PAL 16

Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung kesini setiap musim liburan tiba. Banyaknya wisatawan yang berkunjung adalah warga lokal dan wisatawan dari berbagai kota. Hutan Pinus Cikole ini juga berada di lokasi yang tepat karena berada di perbatasan antar tempat-tempat wisata yang ada di Lembang. 

Jarak tempat wisata di Lembang memang cukup jauh untuk dijangkau. Sehingga para pengendara motor dan mobil yang ingin melakukan wisata kesini selalu menjadikan tempat wisata ini sebagai lokasi untuk beristirahat. Tempatnya yang sejuk dan juga eksotis selalu menjadi perhatian bagi para wisatawan yang melewatinya. 

Banyaknya pohon pinus yang besar dan juga menjulang ke langit, itulah yang menjadikan tempat wisata ini begitu eksotis. Wisata ke sini bisa Anda lakukan bersama sang pacar, karena tempatnya juga bisa dikatakan cukup romantis. Namun bukan itu yang terpenting disini, Harga tiket masuknya yang murah adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mengajak pacarnya liburan namun dengan budget yang apa adanya. :). 

Wisata bersama keluarga pun bisa Anda lakukan. Disini Anda bareng keluarga bisa menghabiskan waktu untuk bercengkrama supaya bisa lebih akrab dan jangan lupa persiapkan bekal makanan dari rumah agar Anda bisa makan bareng disini. Berwisata rombongan pun bareng teman-teman sepekerjaan Anda di kantor adalah pilihan yang tepat. Disini Anda bisa melakukan banyak aktivitas seperti bermain paintball, fun games dan lain sebagainya. Untuk penginapannya Anda bisa memilih hotel yang ada di kawasan Lembang. 


Fasilitas Hutan Pinus Cikole PAL 16 

Fasilitas di Hutan Pinus PAL 16

Fasilitas di hutan pinus ini memang masih sangat terbatas. Karena lokasi wisata ini belum ada pengelola yang berani investasi untuk membuat berbagai wahana yang menarik. Namun meskipun begitu ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan dengan bebas disini seperti saung-saung atau gazebo dan tempat duduk yang terbuat dari kayu. 

Fasilitas saung disini bisa Anda gunakan untuk botram bareng keluarga dan tempat duduk yang terbuat dari kayu bisa Anda gunakan untuk ngobrol bareng pacar. Hhee ... Fasilitas tersebut mungkin bisa sedikit membuat Anda nyaman untuk berwisata ke sini. 

Ada satu fasilitas yang akan membuat Anda tertarik untuk menikmatinya yaitu ayunan yang terbuat dari tali estatis. Ayunan ini bisa menjadi tempat tiduran Anda sambil melihat pohon pinus yang menjulang ke atas. Akan tetapi untuk bisa menikmatinya, Anda diharuskan untuk membayar sebesar Rp. 10.000,- dan Anda bisa menikmatinay sepuasnya. 

Fasilitas lainya yang tersedia disini adalah warung-warung kecil dan juga tempat penjualan berbagai souvenir yang menarik. Disini Anda tak perlu khawatir saat lapar, Anda bisa menikmati makan mie dan juga cemilan lainya. Sedangkan saat Anda mau pulang jangan lupa untuk membeli souvenir khas disini untuk oleh-oleh yang di rumah. 


Harga Tiket Masuk Wisata 


Nah ketika Anda sudah tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, pasti Anda ingin mengetahui bukan harga tiket masuknya. Tenang sobat harga tiket masuknya sangat terjangkau kok, hanya Rp. 5.000,- / orang Anda bisa bermain sepuasnya disini. Sedangkan biaya lainya yang mungkin bisa Anda keluarkan yaitu Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan motor Anda dan Rp. 3.000,- untuk mobil. 


Lokasi 


Mungkin ini yang Anda tunggu-tunggu bukan ? Dimana sih lokasinya. Alamat lengkapnya terletak di Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.  Untuk mengetahui jalurnya, Anda bisa lihat di google maps berikut ini !



Video Hutan Pinus PAL 16 


Disini saya memiliki sedikit dokumentasi Video untuk melengkapi dokumentasi foto diatas. Semoga dengan adanya video ini Adna bisa lebih memastikan bagaimana sebenarnya keadaan hutan pinus ini !

0 komentar:

Posting Komentar