Pages

Jumat, 27 April 2018

Objek Wisata Leuweung Sancang, Wisata Belum Tersentuh di Garut Selatan

Objek Wisata Leuweung Sancang / Hutan Sancang Pameungpeuk Garut. Termasuk kawasan konservasi yang terletak di bagian selatan Kab. Garut (berbatasan dengan Kab. Tasikmalaya), tepatnya di Kec. Cibalong. Kawasan Objek Wisata ini ditetapkan sebagai Cagar Alam dengan luas areal 2.157 Ha, dan berada di ketinggian   0-3m di atas permukaan laut dan terdiri dari tebing-tebing curam yang berada di sebagian pesisir pantai. Leuweung Sancang ini merupakan salah satu cagar alam di Indonesia yang bertaraf Internasional dan belum tersentuh pariwisata secara khusus. 

Memang ada cukup banyak objek wisata di Garut yang tersembunyi yang belum tersentuh. Sebagian besar ada juga yang sekarang ini sudah mulai terkenal, contohnya Pantai Puncak Guha Garut. Pantai Puncak guha ini sekarang sudah mulai populer dan menjadi destinasi wisata yang cocok untuk liburan keluarga, teman, dan teman motor Anda. 

Objek Wisata Leuweung Sancang


Leuweung Sancang adalah hutan yang dilegendakan sebagai tempat tilem (tempat hilangnya) Prabu Siliwangi. Di hutan ini terdapat pohon Kaboa(mirip pohon bakau/mangrove) yang mana menurut kepercayaan setempat merupakan penjelmaan dari para prajurit Padjadjaran yang setia kepada Prabu Siliwangi. Oleh karena itu hutan ini dipercayai sebagai hutan keramat yang memiliki daya magis bagi sebagian masyarakat lokal di sini.

Untuk mencapai hutan Sancang ini, Anda memerlukan waktu tempuh cukup lama yaitu sekitar  5 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih sejauh 96 Km dari pusat kota Garut. Dengan kontur jalanan yang cukup berbatu juga akan menambah sensasi Anda dalam melakukan perjalanan ke sini.

Di sini, Anda bisa menyaksikan kealamian dari alam Leuweung Sancang. Ini karena kualitas lingkungan dan kebersihannya yang masih terjaga. Di hutan ini tidak terdapat pencemaran air, tanah, udara, ataupun sampah. Akan tetapi, hutan ini sering menjadi objek untuk penebangan kayu liar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Akan tetapi Anda akan tetap menikmati perjalanan Anda ditemani dengan udara yang sejuk dan kondisi objek yang tentu masih alami. Hutan ini memiliki beberapa fauna dan flora yang khas.

Beberapa Fauna antara lain: Banteng(bos javanicus), Burung Merak(Papo Muticus), dan Mencek(Muntiacus Munttjak). Dan Flora antara lain: Palahrar (Diptek Ocarpuspee dir), Kaboa(Dipterocarpus Gracilis), Werejit(Excoecaria Agallocha).

Lokasi Leuweung Sancang


Akan tetapi, seperti kawasan konservasi pada umumnya, tidak ada sarana pariwisata di hutan ini, baik itu berupa akomodasi ataupun rumah makan. Tapi jika Anda ingin bermalam di daerah ini, Anda bisa menggunakan fasilitas akomodasi terdekat yang berlokasi di kec. Pameungpeuk. Dan jarak tempuhnya mencapai 13 Km dari Kecamatan Cibalong.

0 komentar:

Posting Komentar